Kamis, 26 Juli 2012

KIDS FUN COOKING HOUSE MEMBUAT PIZZA & SALAD BUAH

KIDS FUN COOKING HOUSE

Acara Pawone Pipi Kids Fun Cooking House;perdana telah dilaksanakan pada tgl. 15 Juli 2012. Ide diadakan kegiatan ini adalah atas permintaan beberepa teman dan saudara, yang mana tujuannya adalah untuk mengisi acara liburan anak-anak. Tetapi memang kami agak terlambat, sebab acara libur setiap anak yang berbeda sekolah juga berbeda waktu liburnya, akhirnya acara Cooking House dilaksanakan bertepatan dengan anak-anak sudah mulai masuk sekolah.

Tetapi, rupanya hal ini tidak mengganggu atau menyurutkan minat anak-anak untuk ikut acara Cooking House;Terbukti, anak-anak sangat antusias mengikuti acara ini, baik laki-laki maupun perempuan. Bahkan beberapa calon peserta jauh-jauh hari sudah mulai menjalin komunikasi untuk menanyakan perihal acara cooking House yang akan diikuti. Sungguh suatu prestasi dan semangat yang luar biasa dan harus dipupuk, karena diharapkan dengan mengikuti cooking house, peserta dapat mengembangkan kreativitasnya dengan baik, serta dapat membantu mengarahkan bakat dan minat anak.

Kelas pertama adalah Membuat Pizza dan Salad Buah.
Kelas ini diikuti oleh 11 anak, laki-laki dan perempuan.
Semua heboh, antusias dan semangat.
Acara dilaksanakan penuh keriangan dan semangat belajar yang tinggi. Bahkan orang tuapun ikut semangat mengikuti kegiatan cooking house.
Nah ini foto-foto peserta kelas Pizza dan Salad buah.


Diawal kegiatan Cooking House semua anak harus mengenakan pakaian memasak beserta topinya, mengapa harus mengenakan topi ala koki Hotel bintang 5? yaaaa..... supaya pada saat proses memasak kebersihan tetap terjaga, tidak ada rambut yang rontok jatuh kedalam makanan atau minuman yang sedang dibuat, atau kotoran lainnya. Peserta juga harus mencuci tangan dengan sabun yang telah disediakan agar tangan bersih dari apapun kotoran yang melekat ditangan. Setelah semua siap, maka dimulai dengan penjelasan mengenai makanan yang akan dibuat atau dipraktekan. Peserta menerima penjelasan mengenai bahan makanan yang digunakan, kandungan gizinya, cara penanganannya, cara simpannya, mengapa menggunakan bahan tsb dan kegunaan atau fungsi bahan tsb dalam proses pembuatan pizza dan salad buah. Setiap peserta menyimak penjelasan pengajar dengan tekun. Setelah pengenalan bahan makanan, peserta diajarkan cara menimbang bahan yang akan digunakan. Peserta diajarkan cara menggunakan timbangan digital, lalu beberapa anak diminta untuk menimbang bahan sesuai resep yang digunakan. tahapan ini cukup menarik, sebab secara serentak saat ditanya siapa yang mau bantu Tante Pipi nimbang bahan, maka serentak beberapa peserta maju dan tunjuk jari.....hahaha........akhirnya acara menimbang bahan makanan dilakukan beramai-ramai. Setelah acara menimbah bahan selesai, dimulai acara cara membuat dought pizza .........acara ini juga cukup menarik .........tapi Tante Pipi sudah menyiapkan dought pizza yang sudah mengembang, kemudian dought pizza dibagi-bagi kepada seluruh peserta untuk dibuat mini pizza. Pesetta sangat antusias berlatih menggiling adonan dan membentuk sesuai dengan kreasi masing-masing, lalu adonan tsb dipanggang. Kelas Pizza kali ini membuat Pizza Asin dan Pizza Manis. Pertama adalah menghias pizza asin.........dought pizza yang telah dipanggang dibagikan kepada seluruh peserta.....dilanjutkan dengan pembagian sauce pizza yang merah menyala penuh dengan daging cincang wowwww............masing-masing telunjuk peserta secara serentak masuk kedalam sauce lalu kemulut haaaaap hahahaha.............Tante Pipi telah menyiapkan aneka topping untuk membuat pizza asin, yaitu sosis ayam, sosis sapi, smoked beef, burger sapi, burger ayam, jagung manis, keju mozarella, paprika .............dan seluruh peserta mengerahkan daya kreasinya dengan sangat luar biasa, ada yang membuat wajah , ada yang membuat matahari, ada yang membuat gunung ala volcano..... ada yang membuat bunga, ada yang memberi nama pada pizzanya dan aneka kreasi lainnya yang merupakan hasil kreasi dan ide asli dari masing-masing peserta. Setelah siap dipanggang, maka barisan pizza asin diserahkan kepada Team Panggang dari Pawone Pipi........30 menit kemudian semua pizza asin siap dimeja penilain ............dan semua terlihat yummmy...... Acara ke 2 dilanjutkan dengan menghias pizza manis. Seperti halnya dalam proses

Tidak ada komentar:

Posting Komentar